Wednesday, July 31, 2013

Ini lho instrumen-instrumennya...

Setelah mengetaui apa itu Gambang Kromong, yuk cari tau juga tentang instrumen-instrumen yang ada di dalam setiap orkes Gambang Kromong. Check this out ya :D

ALAT MUSIK ORKES GAMBANG KROMONG
Komposisi alat musik gambang kromong tidak selalu sama dan di sana-sini terdapat perbedaan. Tidak semua grup orkes gambang kromong menggunakan gong enam, suling, kongahyan dan sebagainya.
Rincian alat musik orkes gambanga kromong pada umumnya adalah sebagai berikut :

A. Gambang
Gambang terdiri dari delapan belas bilah, merupakan oktaf (gembyang) yang berulang, dari nada yang rendah sampai dengan nada yang tinggi, kurang lebih 3 ½ oktaf (gembyang).
Ragam tabuhan gambang ada 2 (dua) macam, yaitu :
a.     Dilagu (menurut lagu)
b.     Dicaruk (dikotek)

Gambang

B. Kromong
Kromong berbentuk mirip dengan boning, terdiri dari sepuluh buah pencon dengan susunan nada sebagai berikut :  
                         6       5       3       2       1
                         2       3       1       5       6

Ragam tabuhan kromong ada 3 macam, yaitu :
·        Dilagu  (menurut lagu)
·        Dikemprang (digembyang)
·        Dicaruk (diracik/ dikotek)


Kromong

C. Kongahyan, Tehyan, Sukong
Kongahyan, tehyan, dan sukong adalah alat music gesek berdawai dua yang direntangkan pada sebuah wadah gema terbuat dari tempurung berlapis kulit tipis dan berleher kayu panjang, dimainkan dengan menggeseknya dengan tongkat gesek.
Dalam orkes gambang kromong, penyebutan ketiga alat musik ini didasarkan pada ukuran besarnya.
Yang kecil disebut kongahyan, yang sedang disebut tehyan, dan yang besar disebut sukong. Ketiga alat musik tersebut berfungsi sebagai pembawa melodi dan sekaligus sebagai ornament lagu yang sangat bervariasi.
Alat ini terdiri dari dua buah senar (kawat) :
-         Kawat I bernada “Re” (2)
-         Kawat II bernada “Sol” (5)
Kongayhan
Sukong
Tehyan

D. Gendang 
Gendang juga biasa disebut kendang adalah alat musik pukul (perkusi) terbuat dari kayu berbentuk silinder berongga dan kembung di tengah. Pada lubang di kedua sisinya ditutup dengan kulit yang tidak sama besarnya. Kendang berfungsi sebagai instrument pengatur irama yang memimpin permainan. Pada orkes gambang kromongterdapat kendang besar sebuah dan kendang kecil dua buah, yang biasa disebut ketipung, tepak, tipluk atau kulanter.
Gendang

E. Gong dan Kempul
Gong adalah alat musik pukul berpencu berukuran besar, terbuat dari besi, kuningan atau perunggu. Berfungsi sebagai penentu irama dasar, dimainkan dengan sebuah pemukul berbentuk bundar agak lunak. Gong biasanya digantung.
Kempul adalah alat musik pukul berpencu, berbentuk seperti gong dalam ukuran lebih kecil dan berfungsi sebagai pewatas ritme melodi.

Gong dan Kempul

F. Gong Enam
Sesuai dengan namanya gong enam terdiri dari enam buah gong berukuran lebih kecil dari gong biasa, digantung pada gawangan dengan susunan nada sebagai berikut :     
3          1        6
2          1        5

Gong Enam

G. Kecrek
Kecrek adalah alat musik berupa tiga atau empat keeping logam (besi, kuningan, perunggu) yang disusun diatas kayu, berfungsi sebagai pengatur irama dan untuk menimbulkan efek bunyi tertentu.
Cara menabuhnya ialah dengan memukulkan palu atau tongkat pendek dari kayu diatas kepingan logam yang tersusun tersebut.

Kecrek

H. Ningnog
Nignong adalah alat musik pukul berupa dua buah piringan logam berpencu, bergaris tengah k.1. 10 cm, ditempatkan pada bingkai kayu bertangkati satu, dipukul dengan tongkat besi kecil, berfungsi sebagai instrument pengatur irama.
Cara menabuh ningnong ini mirip dengan kemanak pada gamelan jawa. Hanya bedanya, pada kemanak dikenal dengan teknik “pitet” (tangkep) sedangkan pada ningnong tidak menggunakan teknik “pitet”.


Ningnong

3 comments:

  1. terima kasih banyak, infonya sangat membantu buat saya bikin tugas :). ternyata musik gambang kromong memang bagus. saya suka :) salam pelajar!

    ReplyDelete
  2. stilletto titanium hammer - titanium-arts.com
    This hammer uses titanium white acrylic paint German steel to block the rusting men\'s titanium wedding bands surface black titanium fallout 76 causing rust to titanium ring for men disappear without having the slightest rustiness in it. Stoletto's titanium hammer is trekz titanium a

    ReplyDelete