Wednesday, July 31, 2013

Nah ini tata letak alat musik waktu pentas...

Kawan-kawan, kali ini Entong mau jelasin lebih lengkap nih tentang Gambang Kromong. Ada yang pernah nonton pertunjukan orkes Gambang Kromong sebelumnya? Nah, kalo ada yang udah pernah, apa kalian perhatiin susunan tata letak alat-alat musiknya? Mau tau lebih lanjut? Yuk, baca artikel yang udah aye buat....

TATA LETAK ALAT MUSIK DI ATAS PANGGUNG
Dalam pelaksanaan penampilan orkes gambang kromong, pada dasarnya selalu menyesuaikan dengan kondisi tempat yang tersedia untuk penampilan tersebut. Bila tempat penampilan yang tersedia cukup leluasa untuk mengatur penempatan alat-alat, tata letak alat musik orkes gambang kromong biasaynya disusun dengan mempertimbangkan keserasian ditinjau dari arah pandang penonton.

Penempatan alat-alat tersebut tidak baku, bergantung kepada masing-masing kelompok sesuai dengan jenis alat yang dimiliki. Namun demikian pada umumnya cara penyusunan alat-alat musik orkes gambang kromong sebagai berikut :
1. Gendang biasanya diletakkan di bagian baris depan, dengan posisi duduk di lantai.
2. Alat gesek yang terdiri dari kongahyan, tehyan, dan sukong ditempatkan pada baris kedua dengan posisi duduk di kursi.
3. Kromong dan gambang ditempatkan di baris ketiga bagian kiri dan kanan dengan posisi duduk di atas kursi atau berdiri.
 4. Kecrek, ningnong, gong enam dan gong ditempatkan pada baris ke empat (bagian belakang) dengan posisi duduk di kursi atau berdiri.


No comments:

Post a Comment